ITPRENEUR Terobosan Bisnis Modern

Gambar behance.net
ITPRENEUR? apa yang kalian tau tentang satu kata ini? sejauh ini apakah teman-teman semua pernah berkecimpung di dunia yang satu ini? mungkin sebagian teman-teman pernah tahu dan pernah mencobanya. namun sebagian yang lain masih ada yang belum tahu tentang ITPRENEUR. jika kalian belum pernah tahu saya mempunyai sedikit gambaran . jika kita berbisnis atau usaha di dunia nyata seringkali orang mengatakannya dengan istilah Entepreneur. tapi ketika kita berbisnis di dunia maya sebutannya apa? nah, inilah yang dinamakan ITPRENEUR. melakukan sebuah kegiatan bisnis di dunia maya. 

Banyak sekali jenis-jenis usaha di dunia maya , mulai online store, Multi Level Marketing (MLM) online, ada juga arisan online, jasa pembuatan websait, menuis, dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya kesemuanya itu menghasilkan pemasukan. dunia maya jangkauannya lebih luas jadi ketika kita memulai bisnis di dunia maya ada banyak faktor yang harus kita ketahui. salah satunya  online marketing . karna pangsa pasar yang sangat luas maka kita harus mengetahui ilmu pemasaran di dunia maya. dari mana kita mengetahui pasar dunia maya itu sangat luas. gambaran sederhananya, hampir setiap orang mengakses internet setiap harinya. data yang saya peroleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan sumber lain. pengguna internet di indonesia sekitar 120juta orang. jadi dari data ini bisa kita simpulkan bahwa pangsa pasar bebas kita sebanyak jumlah tersebut. jika di bandingkan dengan jenis usaha nyata kita tidak bisa menjaring pasar yang begitu banyaknya.

Untuk memulai usaha di bidang online tidak membutuhkan banyak modal. karena kita tidak butuh gedung kantor dan seisinya. namun kita hanya butuh media agar kita bisa online dan dikatakan ada di internet yaitu koneksi internet dan sebuah website sebagai wadah kita di dunia maya. gampang saja jika kita jualan secara kasat mata kita butuh bangunan toko, namun kalau di internet kita hanya butuh toko online.

Mengikuti tren tahun 2010-2012 orang berlomba-lomba untuk berbisnis di dunia maya dengan  jenis bisnis Forex,  MLM, jualan E-book dan Onine Store yang sangat membludak peminatnya.namun lama kelamaan menurun jumlahnya terbukti dengan di tutupnya situs-situs tersebut. yang masih terlihat ramai sampai sekarang justru situs blog. penghasilan dari blog ini diam-diam menghanyutkan. pasalnya jika kita lihat blog yang berjibun iklan di samping-samping tulisan itu merupakan ladang uang bagi pemilik blog tersebut.  perusahaan periklanan online lokal maupun non lokal membayar kepada mereka sangat besar nilainya. saya bikin rata-rata mereka memberikan bayaran kepada publisher sebesar 600rupiah setiap kali pengujung mengklik iklan atau tautan atau yang di sebut juga (Pay Per Klik )PPC. jika visitor yang datang di blog tersebut 4000 orang setiap harinya untuk mencari informasi dan yang mengklik iklan ada 1000 orang kita dapatka nilai 600x1000=600000/hari.

Seperti layaknya stasiun televisi mereka memberikan tayangan  kepada masyarakat, dan biaya akomodasi semua itu didapat dari dana dari iklan yang tayang setiap menitnya. sama halanya dengan ngeblog ketika seorang blogger mulai menulis di website atau blog peribadinya mungkin teman-teman semua bertanya apa gunanya nulis di blog. namun kalau kita lihat lebih teliti di blog tersebut ada iklan apa tidak jika iya maka dari iklan tersebutlah mereka mendapatkan suplay dana. oleh karna itu nulis di internet itu sangat menguntungkan terlebih kita mampu menekuninya hingga pengunjung blog kita ribuan orang perharinya.nusis di internet bisa kita jadikannya sebagai sumber pendapatan tetap dengan gaji melebihi PNS.

Kesemuanya di atas bisa kita tarik kesipulan bahwa melakukan kegiatan usaha atau bisnis di dunia maya itulah IT Preneur . ketika kita sudah mengetahui gambarannya selanjutnya adalah memulai langkah sedari sekarang.

Salam Blogger Indonesia


Budi Hantomo