Cara Edit Menu Bar, Langkah Sederhana Menyesuaikan Template Blogspot


Memodifikasi tampilan Blog terkadang adalah cara menyenangkan untuk menyibukkan diri merawat blog kita agar terlihat cantik. Taukah anda bahwa template blogspot ini bisa kita buat sendiri ? jadi, semua tampilan yang ada di blog ini, bisa kita sesuaikan sesuka hati kita. tentunya dengan sedikit pengetahuan tentang ngeblog. 

Dalam hal ini apa sajakah yang butuh kita tahu?Pertama Anda hanya butuh sedikit tahu tentang HTML, anda juga butuh tahu sedikit tentang CSS, dan anda butuh tahu juga tentang cara desain gambar dengan Software Desain seperti Photoshop atau yang lainnya. tapi semua itu bukan suatu keharusan jika anda blogger pemula. ada yang bisa anda lakukan dengan langkah kecil. Langkah kecil apa itu? 


Ketika kita mendownload template dari internet di sana ada beberapa yang menempel sebagai bagian dari bawaan template itu sendiri. seperti sederet menu bar yang tidak kita inginkan. saya contohkan pada template blog teman saya di bawah ini. 


Terlihat yang saya beri tanda panah merah itu adalah menu atas yang terdiri dari HOME, BUSINESS, DOWNLOADS, PARENT, CATEGORY, FEATURED, HEALTH, UNCATEGORIZED dan ada sederet icon yan belum berfungsi. nah sekarang kita edit dulu menubarnya. caranya adalah sebagai berikut.
- Masuk ke Blogger.
Setelah masuk  Pilih Template.  


- Pilih Edit HTML maka akan tampil seperti di bawah .



- Kemudian klik tengahnya -> tekan Ctlr + F secara bersamaan.


- Ketikkan menu yang ingin di ubah. di sini saya contohkan "  BUSINESS  " saya ubah menjadi " Profil " ubah  
menjadi  seperti dibawah ini


dengan demikian ketika menu Profil di klik maka akan mengarah ke http://id-inibudi.blogspot.com.  lakukan hal sama untuk menu-menu yang lain.


- Klik Simpan 

- Selanjutnya Uji coba buka weblog anda dan jika hasilnya menu anda berubah berarti berhasil .

***

ini adalah cara sederhana ketika anda kebingungan saat pertama kali bergabung sebagai Blogger Indonesia. dan cara ini bisa untuk hal yang lainnya ketika anda menghedaki penggantian di setiap bagian-bagian kecil blog anda. mungkin hanya sedikit di atas yang bisa sya sampaikan dan ahirnya saya ucapkan terimakasih atas kuncungan anda di blog saya.


Salam Blogger Indonesia



Budi Hantomo Mangun